Mengenal Fakta Menarik Seputar Burung Kuntul

Burung kuntul adalah salah satu burung yang banyak kitabtemukan di wilayah Indonesia. Burung ini sendiri kalau dari segi populasi itu terbilang sangat terancam karena sedikit lagi akan punah. Burung ini sendiri masih masuk dalam golongan ardeidae dimana dilengkapi kaki panjang dan leher lebar. Sebenarnya kuntul sendiri memiliki banyak fakta menarik yang tidak semua orang ketahui. Lalu apa saja fakta menarik tentang kuntul?

Kuntul saat terbang diangkasa menggerakan leher. Tentu saja hal ini bisa dibilang unik karena kalau dilihat memang berbeda dibandingkan dengan burung lainnya. Bisa kita lihat saat terbang kuntul seperti membentuk huruf s. Sementara itu untuk habitat kuntul sendiri sering kita temukan pada terumbu karang dekat pantai. Umumnya disana mereka akan menemukan makanan utama berupa ikan atau katak.

Untuk salah satu populasi burung kuntul paling terkenal ada di Srondol Indah, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah.. Di tempat ini bisa dibilang sudah dari zaman dulu terkenal dengan habitat kuntul yang sangat banyak. Hal inilah yang menjadikannya cukup terkenal sebagai salah satu wisata untuk melihat kuntul liar. Disini bisa menjadi salah satu alternatif kunjungan Anda saat berada di kota Semarang.

Di tempat ini sendiri saat subuh mereka mencari maka. Umumnya mereka akan mencoba mencari makan dengan cara bergerombol menuju ke berbagai tempat yang banyak terdapat makanan. Sebenarnya kalau kita melihat pada tahun 1980-1990 jumlahnya ada 2000 lebih. Akan tetapi kalau sekarang jumlahnya hanya sekitar 100. Tentu saja terjadi kemerosotan jumlah yang sangat besar.

Sebenarnya ada jenis kuntul yang terkenal yaitu kuntul kerbau. Untuk jenis kuntul yang satu ini juga sangat terkenal karena memiliki bulu putih. Selain itu sifatnya juga snagat disukai karena ramah. Maka dari itu mereka juga sering berteman dengan berbagai macam hewan ternak.

Burung kuntul juga dianggap berguna membasmi serangga. Tentu saja berbagai serangga seperti belalang memang menjadi musuh para petani. Terutama karena merusak berbagai macam tanaman yang di tanam oleh para petain. Maka dari itu dengan adanya burung kuntul akan memakan semua serangga hama yang mengganggu. Tak heran kuntul juga disebut sebagai sahabat para petani.

Kuntul juga bisa memakan lalat pengganggu kerbau. Kita sering lihat kalau kerbau seringkali diganggu dengan lalat yang beterbangan. Disininalh kemudian kuntul seringkali berdiri di atas kerbau atau sapi. Tentu saja mereka akan langsung memangsa lalat yang sering mengganggu kerbau.

Perlu diketahui kalau sebenarnya kuntul termasuk sering berkelompok. Baik itu saat mencari makan, berkembang biak sampai dengan bertengger di suatu wilayah atau tempat.

Terakhir yaitu ada masakan kash Gresik yaitu kuntul goreng. Kuntul goreng memang memiliki cita rasa yang khas kalau kita bandingkan dengan berbagai jenis unggas yang lain. Masakan khas ini sendiri akan dimasak menggunakan bumbu petis khas Jawa Timur yang paling enak. Selain memiliki rasa yang unik dan khas, ternyata masakah kuntul goreng ini dilengkai dengan harga murah hanya sekitar 15 ribuan.

Walupun tergolong dalam hewan yang bisa dikonsumsi, tapi tentu saja harus memperhatikan keadaan di alam. Kalau memang jumlah populasi yang sudah sangat menurun, pastinya tidak boleh untuk kita perbanyak lagi jumlah konsumsi di alam. Bisa-bisa tidak terasa malahan punah dan kita tidak bisa melihat kembali kuntul. Itulah bahasan mengenai fakta menarik dari burung kuntul. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *