Mengenai Cara Merawat Anjing Doberman Yang Benar

Anjing dengan penampilan garang memang menjadi salah satu favorit peliharaan beberapa orang. Salah satu jenis anjing dengan penampilan garang dan kuat adalah anjing doberman. Perlu diketahui kalau spesies anjing ini adalah salah satu jenis anjing dengan perkembangan terpesat di dunia. Tentu terbukti dengan banyak peminat. Kalau tertarik mengadopsinya, jangan lupa cari tahu dulu cara merawatnya dengan benar!

Doberman sendiri sampai saat ini dikenal sebagai anjing penggembala. Kalau kita melihat di berbagai negara eropa atau Amerika tentu saja banyak dipakai jadi anjing penggembala. Tentu akan beda lagi kalau di Indonesia. Jika di Indonesia sendiri tentu akan cukup di sayangkan buat di jadikan hewan penggembala. Terlebih lagi banyak yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan untuk rumahan.

Seperti kita ketahui kalau diberman sendiri memang punya ciri khas tubuh berwarna hitam dengan sentuhan cokelat. Ciri fisik seperti ini sendiri memang menjadi salah satu tipe utama dari doberman. Selain bulunya yang dilengkapi dengan warna khas, bagian tubuh doberman juga cukup terkenal. Doberman telah terbukti dilengkai dengan tubuh yang sangat kekar dan kuat sehingga fisiknya bagus.

Perlu diketahui kalau anjing doberman ada banyak jenisnya. Jenis doberman sendiri dilengkapi dengan banyak sekali ciri berbeda. Maka dari itu sebelumnya pastikan Anda untuk memilih yang paling tepat. Selain itu jangan lupa juga untuk mempertimbangkan sebelum beli pastikan beli anakan atau dewasa. Kedua jenisnya tentu akan dilengkapi dengan kesulitan masing-masing yang berbeda.

Kalau Anda akan memilih anakan, maka harus dilatih. Dalam pelatihan sendiri bisa dilakukan oleh pelatih ataupun dilakukan sendiri secara langsung. Bila lewat pelatih tentu saja kita harus mengeluarkan biaya lagi untuk melatihnya. Tapi kelebihan memakai cara ini yaitu kita akan lebih dekat karena sudah sedari kecil doberman peliharaan sudah dekat dan berinteraksi dengan kita.

Selanjutnya jika dewasa, maka harus membiasakan diri. Anjing ini sendiri memang akan lebih sulit apabila kita membeli yang sudah dewasa. Apalagi kalau ia memang memiliki banyak kedekatan dengan pemilik atau perawat sebelumnya. Pasti kita akan mengalami berbagai macam kesulitan yang besar. Kalau memang dianggap cukup sulit, maka bisa memilih yang masih anakan saja untuk dipelihara.

Fakta selanjutnya yaitu anjing doberman harus diberi makanan dengan kandungan karbohidrat, lemak dan protein. Ketiga kandungan ini sendiri merupakan kandungan penting. Disini karbohidrat tentu saja akan menjadi salah satu sumber tenaga yang diperlukan buat doberman kita. Sementara itu kalau protein tentu saja merupakan hal yang tidak kalah penting. Apalagi dari segi pertumbuhan doberman.

Sementara itu untuk perawatan lain, usahakan kurung sementara supaya tidak membuat rumah berantakan. Doberman seperti kita ketahui merupakan anjing yang begi aktif. Selain itu ia juga banyak penasaran tentang banyak hal. Tentu saja ia juga sering mencakar berbagai benda. Maka dari itu pada waktu tertentu jangan lupa menaruh doberman kita di kandang dahulu. Waspada jangan terlalu rusuh.


Karena doberman terbilang sangat aktif dan lebih rusuh, maka dari itu saya sarankan juga ada tempat khusus bermain. Tempat bermain ini tentunya punya wilayah yang cukup luas karena doberman begitu banyak bergerak. Jangan lupa juga untuk menaruh banyak mainan untuk dimainkan doberman.

Terakhir Anda harus rajin dalam merawat kandang dan tempat bermain doberman. Karena kebersihan adalah pangkal kesehatan anjing. Bagaimana, mudah bukan merawat doberman? Demikianlah bahasan kita mengenai tips merawat anjing doberman. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *