Cara Merawat Burung Cucak Ijo yang Baik dan Benar

Memelihara hewan merupakan salah satu jenis hobi yang sulit untuk dipisahkan dalam kehidupan manusia. Oleh sebab itu kini banyak sekali orang yang mulai memelihara hewan peliharaan di rumah untuk dijadikan sebagai teman. Ternyata selain anjing dan kucing, banyak orang yang gemar memelihara burung di rumah karena memiliki bulu yang menarik serta kicauan yang merdu. Salah satu jenis burung yang banyak diminati kerena suaranya yang merdu adalah burung cucak ijo. Karakter yang dimiliki oleh burung cucak ijo yang mudah berubah membuat para pemula merasa kesulitan dalam merawatnya. Nah, berikut ini adalah cara merawat burung cucak ijo yang wajib anda ketahui.

1. Pilihlah sangkar dan tempat menyimpannya
Untuk selalu menjaga kenyamanan yang dimiliki oleh burung cucak ijo ini, anda harus memilih sangkar dengan ukuran yang cukup luas. Dengan demikian, burung akan menjadi lebih aktif dan juga lincah. Cara merawat burung cucak ijo inipun akan membuatnya semakin rajin berkicau dan menghasilkan suara yang merdu. Selain menyiapkan kandang yang luas, anda juga harus memerhatikan aksesoris yang digunakan dalam sangkar burung, usahakan untuk memberikan 2 unit tenggeran yang dipasang sejajar atau menyilang. Selain itu perhatikan juga tempat menyimpan sangkarnya. Jika anda baru memiliki burung cucak ijo, maka anda bisa menempatkannya bersama burung yang menjadi masterannya.

2. Perhatikan ketersediaan makanannya
Cara merawat cucak ijo yang kedua adalah dengan memerhatikan ketersediaan makanannya. Cucak ijo merupakan salah satu jenis burung pemakan buah-buahan dan juga serangga. Jenis buah yang umumnya diberikan pada burung yang memiliki suara indah ini adalah pisang kapok putih. Sedangkan serangganya anda bisa memberikannya jangkrik dan juga ulat hongkong. Sebagai pemula dalam urusan merawat burung cucak ijo anda bisa pisang kapok putih kepada burung cucak ijo milik anda sebagai makanan utamanya setiap hari. Adapun serangga yang diberikan harus disesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan. Anda juga bisa memberikan burung cucak ijo ini madu untuk memberikannya tambahan energy. Cucak ijo juga menyukai kroto, dan anda bisa memberikannya setiap hari.

3. Mandikan dan jemur secara rutin
Memandikan dan menjemur burung cucak ijo merupakan cara merawat burung cucak ijo selanjutnya. Hal ini merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan secara rutin untuk menunjang kondisi dari burung yang satu ini. anda bisa menyediakan keramba atau memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkarnya. Setelah burung basah kuyup, anda bisa mulai menjemurnya dengan jangka waktu yang tidak lebih dari 1,5 jam setelah dimandikan. Yang harus diperhatikan adalah tempat menjemurnya, jangan sampai burung terlalu dekat dengan paparan sinar matahari karena akan berdampak buruk bagi kondisinya.


4. Lakukan pemasteran
Cara merawat burung cucak ijo agar memiliki suara kicauan yang maksimal adalah dengan melakukan pemasteran. Pemasteran sendiri merupakan salah satu aktivitas yang penting dilakukan dalam merawat jenis burung yang satu ini. proses ini bisa memancing burung cucak ijo untuk menghasilkan suara kicauan yang bervariasi. Selain itu pemasteran juga harus dilakukan secara rutin untuk membuat burung cucak ijo ini memiliki suara kicau yang merdu dengan cepat. Cara pemasteran yang pertama adalah dengan mendekatkan sangkarnya didekat burung yang menjadi masterannya. Jika anda tak memiliki masteran berupa burung asli, anda juga bisa menggunakan rekaman suara burung yang diputar di dekat sangkarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *